Jaman sekarang emang lagi serba salah mau punya gaming pc solusi gaming murah di jaman sekarang pun sangatlah sulit untuk didapatkan, kalo mau rakit harganya juga lagi di tinggi-tingginya semua. Disaat seperti ini hampir tidak mungkin dapet harga MSRP. Salah satu opsi yang terbuka sebenernya laptop, dan disini MSI memberikan opsi budget gaming laptop di price range Rp 12,999,000 sampe 15 jutaan dalam bentuk MSI Bravo 15. Untuk yang kita pegang sekarang SKUnya adalah MSI Bravo 15 B5DD-046ID diharga yang cukup bersahabat yaituRp 14,499,000, dan ada SKU lain yang harganya cuman 12,999,000. Laptop ini menjadi opsi yang paling budget friendly.

Untuk spesifikasi lengkap, laptop ini menggunakan

-Ryzen 7 5800H
-8GB DDR4 3200Mhz
-RX 5500M
-512GB NVMe Kingston
-Display dari Innolux resolusi 1080, 144hz, dan 300 nits.

Jadi laptop ini bisa dibilang suatu refresh dari MSI Bravo 15 sebelumnya yang masih menggunakan arsitektur Zen 2 dan masih menjadi satu-satunya laptop yang full AMD di entry level atau budget gaming laptop. Cuman bedanya perubahannya gak cuman di CPU, tapi MSI juga ngasih pembaruan di sistem coolingnya, yang sekarang udah pake Cooler Boost 5, yang artinya 2 fan dan 6 heat pipe. Cooler Boost 5 ini sebenernya punya faktor penting di laptopnya, nanti dibagian benchmark kalian bisa lihat, terutama dalam hal menjinakkan si 5800H nya supaya tetep terjaga suhunya.

Perubahan lain juga ada di keyboardnya, sekarang lebih ditujukan untuk ke para gamer, travel distance di perpendek jadi 1.7mm, dan disini juga sudah tersedia numpad. Untuk masalah ease of use atau perubahan accessibility lain adalah Modern Standby support, yang intinya untuk dari sleep sampai ke penggunaan gak sampe sedetik, mirip sama MacOS lah buat kalian para penggunanya yang kebiasaan dari sleep untuk bisa langsung pake secara instan.

Jadi penempatan ini laptop emang bener-bener dibangun untuk tujuan entry level gaming, dan barangnya juga ada stoknya. Untuk battery life juga masih baik, maksnya di 9 jam dan minimnya di 6 jam tergantung pemakaian kalian seperti apa. Memang laptopnya jadi agak lebih berat sedikit dibanding MSI Bravo 15 sebelumnya, tapi menurut gua bener-bener worth it banget karena max temp untuk CPU cuman 82°C di ambient temp 28°C, kalo di AC dengan 24°C ambient temp cuman 78°C.

So untuk produktivitas bisa dibilang MSI bener-bener menjaga banget kesehatan CPU selama tes produktivitas kita, karena CPU maks cuman 82°C. Jadi kalo kalian tinggal lama ya emang gak perlu takut kenapa-kenapa, dan untuk suara fan juga cukup sunyi sih. Bisa kita bilang salah satu yang paling sunyi untuk laptop yang menggunakan 5800H, jadi ada rasa lebih santai kalo laptopnya dibiarin nge-render dalam waktu yang lama atau ditinggal-tinggal untuk encoding, transcoding, rendering dan apapun keperluan kalian yang membutuhkan membiarkan laptopnya kerja sendiri dengan waktu yang lama.

Jadi kalo kita lihat untuk performa gaming, memang sesuai lah dan kita juga bisa lihat kalo ngeliat disini entry level gaming laptop udah di push hard untuk 5500Mnya, tapi memang yang menjadi selling point besarnya adalah ya kalian enak banget untuk streaming misalnya di laptop ini atau kerja produktivitas di rendering yang kalian gak perlu takut untuk ditinggal lama-lama laptopnya.

Kalo kalian ingin performa tambahan, tinggal tambah 8GB RAM lagi disini, untuk mendapatkan performa yang meningkat untuk produktivitasnya, dan juga untuk minimum 1% ataupun average fps di beberapa game yang lebih tinggi.

Overall ini laptop merupakan build yang menarik di harga 15 jutaan untuk kalian yang sedang membutuhkan gaming laptop di budget tersebut. Buat yang membaca artikel ini, MSI juga sedang mengadakan promo back to school yang ngasih hadiah gratis mouse gaming dari MSI disetiap pembelian unit MSI Bravo 15, dan promo ini berlaku sampai 30 September 2021.

Buat yang kepo banget sama promo back to school ini bisa langsung cek aja dan juga buat yang mau beli online bisa cek link berikut, mau beli di toko offline? Bisa dong langsung aja cek link ini. Inget yaaa gratis mouse itu cuman berlaku untuk pembelian produk MSI Bravo 15