Black Panther, dirilis di hari Valentine’s akhirnya penonton berhasil diberikan sebuah tontonan yang amat berbeda dengan film-film didalam Marvel Cinematic Universe lainnya. Tidak dapat dipungkiri bahwa Marvel menggunakan sebuah formula yang saya rasa mirip dengan film pertama Captain America. Ryan Coogler selaku sutradara dari film ini berhasil menjadikan Black Panther sebagai film super hero yang penuh dengan budaya serta pesan tentang kehidupan.

Menemukan dirinya sebagai raja baru dari Wakanda, T’Challa (Chadwick Boseman) bukan hanya harus memimpin rakyatnya namun juga menjadi sosok Black Panther yang dipercaya untuk menjadi pelindung Wakanda. Seperti yang kita dapat lihat di trailernya film ini memang akan memberikan visual memukau akan alam Afrika ditambah dengan budaya Afrika yang amat kental dihadirkan disini, mulai dari kostum, musik, hingga gaya rambut.

Selain adegan bertengkar yang seru, Black Panther juga berhasil menggambarkan dilemma seorang raja baru yang tidak memiliki pengalaman dan berusaha untuk menemukan jati dirinya melalui rintangan yang ia temui. Layaknya film Doctor Strange, film Black Panther kembali menjadi film di MCU yang cukup mengusut sisi spiritualitas yang memang dekat dengan budaya Afrika.

Keindahan Wakan di film Black Panther
Keindahan Wakanda di film Black Panther

Banyak momen emosional yang dihadirkan oleh para karakter utama, bahkan sang villain Erik Killmonger (Michael B Jordan) memiliki back story cukup jelas namun saja kurang di developed sehingga membuat versi karakter villain disini terasa kurang banyak, padahal seharunya bisa lebih di eksplore lagi.

Meski dengan keindahan alam Afrika, dan baju-baju berwarna warni film ini tetap memiliki beberapa adegan dan editing yang terasa kasar dan kurang real. Padahal semestinya film ini dapat lebih mengeksplor keindahan dari budaya Afrika terutama landscape dari Wakanda sendiri.

Jadi apakah Black Panther worth it untuk ditonton? YA! Karena sejujurnya, film Black Panther menjadi sebuah film Marvel yang akhirnya terasa cukup dewasa dan memiliki screenplay yang baik serta dapat memberikan film dengan character growth yang menarik. Jangan lupa film ini memiliki dua after credits so tunggu sampai akhir guys!