Boyhood adalah film dengan pengerjaan 12 tahun lamanya. Dengan durasi 165 menit, film ini menjadi salah satu film drama terbaik di tahun 2014. Dengan adanya keinginan Sutradara Richard Linklater me-visualkan proses pertumbuhan dengan senatural mungkin, sehingga actor di film ini bersama-sama selama 12 tahun untuk menggambarkan pertumbuhan Mason ( Ellar Coltrane ) yang hidup dari usia 6 sampai 18 tahun.

Boyhood sendiri bercerita tentang keluarga dari seorang anak laki-laki bernama Mason (Ellar Coltrane) yang hidup bersama ibunya (Patricia Arquette) dan kakak perempuannya, Samantha (Lorelei Linklater). Ayah Mason yang diperankan oleh Elijah Smith bernama Tommy yang hidup terpisah dari karakter utama yaitu Mason.

Sekilas film ini terlihat seperti film – film drama keluarga lainnya, tetapi yang membedakan yaitu film ini mengingatkan kita akan sejarah dunia. Mulai dari sejarah teknologi, lagu, terorisme, hingga pemilihan presiden. Difilm ini kita akan melihat game apa yang sedang hits semasa karakter utama masih kecil hingga akhirnya Apple menjadi penguasa teknologi. Begitu pula soal kejayaan George.W.Bush sebagai presiden dan bagaimana Obama menjadi penguasa baru di Amerika.