Film Coraline adalah film animasi stop-motion (teknik yang sama seperti Nightmare Before Christmas dan Corpse Bride) yang disutradarai oleh Henry Selick (sutradara Nightmare Before Christmas), diangkat dari novel berjudul sama karya Neil Gaiman. Coraline (disuarakan oleh Dakota Fanning) adalah gadis kecil yang baru saja pindah rumah bersama keluarganya. Ia merasa sangat bosan di rumah barunya. Orang tuanya terlalu sibuk bekerja sehingga Coraline tidak punya teman di rumahnya. Di lingkungan barunya ini pun ia bertemu dengan tetangga-tetangga barunya yang aneh (-yang selalu salah memanggilnya Caroline, bukan Coraline). Satu-satunya temannya sebaya di lingkungan barunya, adalah anak laki-laki bernama Wybie, namun dia sangat cerewet sehingga membuat Coraline selalu merasa kesal.

Karakter Coraline dan ayah serta ibunya
Karakter Coraline dan ayah serta ibunya

Suatu hari Coraline menemukan sebuah pintu mungil di salah satu ruangan di rumahnya. Awalnya ketika pintu itu dibuka, dalamnya hanya berupa dinding batu bata. Tapi, ketika malam tiba, karena sesuatu Coraline tertarik untuk melihat pintu itu lagi. Dan ketika ia membukanya, tiba-tiba terdapat lorong yang membawanya ke sebuah dunia paralel. Ia masuk dan mendapati rumah yang sama dengan rumahnya ini, dengan ibu dan ayah yang mirip dengan orang tuanya, juga dengan tetangga-tetangga yang sama dengan tetangganya di rumahnya yang biasa. Satu-satunya perbedaan adalah mereka, orang-orang yang ditemui Coraline di dunia paralel tersebut, tidak memiliki mata seperti mata manusia normal melainkan memiliki mata berupa kancing hitam. Meski awalnya terlihat seperti dunia yang lebih baik dan menyenangkan nantinya Coraline akan melihat kenyataan mengerikan dari dunia ini.

Film Coraline yang dimainkan oleh Dakota Fanning sebagai pengisi suara Coraline
Film Coraline yang dimainkan oleh Dakota Fanning sebagai pengisi suara Coraline

Film Caroline memang menjadi film yang bagi Saya sendiri amat unik dan mengerikan untuk sebuah film yang dikatakan sebagai film anak-anak. Mengisahkan tentang sebuah dunia pararel Film Coraline memang cukup gelap, apalagi dengan animasi yang disajikan memang film terasa bagaikan sebuah mimpi buruk setiap anak yang akhirnya di visualisasikan kedalam sebuah film animasi. Untuk kalian yang belum melihat atau mungkin belum sempat menonton Film Coraline jangan lupa luangkan waktu untuk menyaksikan film unik yang satu ini. Bukan hanya keren karena dibuat dengan teknik Stop MotionĀ film ini akan mengajarkan banyak nilai moral yang di balut dengan sebuah petualangan seru seorang gadis kecil.