Joker versi Joaquin Phoenix dikabarkan tidak akan mengambil bagian apapun dari komik sebagai refrensi, hal ini dinyatakan oleh penulis naskahnya yaitu Todd Philips. Todd sadar keputusan ini sangatlah berbahaya mengingat banyak sekali film superhero yang mendapat kritik negatif dari para fans, hanya karena beberapa bagian tidak lah sesuai dengan komiknya.

Hal ini menjadi jauh lebih menantang karena mereka sama sekali tidak mengambil apa pun dari komik dan menulis cerita ini dari awal. Mereka tidak menjanjikan Joker yang ada di komik namun hanya ingin membuat film dari mana datangnya orang seperti Joker. Tidak seperti pada umumnya di mana Joker berasal dari seorang kimiawan yang jatuh dalam tangka berisi bahan kimia yang membuat kulitnya putih, berambut hijau, dan lain-lain yang membuatnya menjadi Joker.

Kalau kita lihat dari trailernya kita tahu bahwa Joker versi Joaquin Phoenix ini lebih mengarah pada mental. Bagian menariknya adalah sejauh mana depresi karakter Joker akan membawa kita selama film. Yang dijanjikan oleh Todd adalah Point of view cerita yang jauh lebih realistis dan bisa terjadi di dunia nyata, tidaklah lagi harus jatuh kedalam tangka berisi bahan kimia.