Spot dari Boston Dynamics cukup mencuri perhatian beberapa saat lalu sebagai sebuah (seekor?) anjing robot, tapi tentu saja setiap ada teknologi baru Xiaomi mungkin bisa menjadi salah satu pakar terbaik dalam urusan ATM tapi dengan harga yang lebih terjangkau. Yes! Xiaomi baru saja merilis CyberDog, Spot versi mereka dengan harga 1,500 USD (sekitar 21 jutaan Rupiah). Tentu sebuah harga yang sangat-sangat terjangkau jika dibandingkan dengan Spot yang di jual dengan harga 74,500 USD.

CyberDog sendiri akan menggunakan ditenagai dengan NVIDIA Jetson Xavier NX dengan 384 CUDA cores, 48 tensor cores, 6 Carmel cores pada arsitektur ARM bahkan dengan tambahan 128GB SSD. Ada 11 sensor yang tersedia pada robot ini dari kamera, touch sensor, GPS, ultrasonik, yang membuat anjing ini bisa mengekplorasi sekitarnya.

CyberDog

Dalam salah satu live demo diatas terlihat bahwa kita bisa berinteraksi dengan CyberDog dengan perintah suara, tapi selain 6 mikrofon yang tertanam pada robot anjing ini, ada pilihan lain untuk memerintah sang anjing seperti remote control atau aplikasi smartphone.

CyberDog

CyberDog sendiri hanya tersedia dalam angka yang cukup sedikit yakni 1,000 ekor. Tentu kalian harus menjadi fans Xiaomi, engineer ataupun pecinta robot untuk mendapatkan kesempatan untuk membawa pulang anjing robot ini.