Vice President of Gaming dari Microsoft Xbox Phil Spencer menyatakan keinginannya memberikan gamers akses untuk memainkan game lama melalui emulator. Dilansir dari wawancara bersama Axios, Phil percaya bahwa industri game saat ini mempunyai masalah dalam mempertahankan game lama karena akses hardware maupun masalah legalitas.

Emulator atau proses emulation sendiri merupakan bentuk software yang dapat digunakan untuk mengakses game maupun software yang berbeda dari sistem original yang dimiliki. Contoh yang paling populer adalah software emulator PPSSPP yang digunakan untuk mengakses game generasi lama dari Playstation Portable.

Microsoft telah mengambil langkah

Harapan dari Phil Spencer sendiri adalah membuat emulator yang legal agar hardware modern saat ini dapat memainkan game maupun software dari konsol generasi sebelumnya. Saat ini Xbox Series dan Xbox One dapat memainkan game dari Xbox 360 dan Xbox original melalui sistem emulasi ini. Xbox sendiri pun mengumumkan 76 game lama yang dapat dimainkan di konsol generasi baru di acara 20 tahun ulang tahun Xbox. Judul- judul terkenal yang dapat dimainkan seperti Skate 2, Dead or Alive Ultimate, dan semua seri Max Payne.

Masalah Pembajakan Game Ilegal

Emulator sendiri banyak dikonotasikan negatif dengan pembajakan game maupun akses game secara ilegal. Misalnya seperti kasus Nintendo yang menonaktifkan kompetisi Super Smash Bros Melee karena menggunakan sistem lama dan mod yang dibuat oleh komunitas Super Smash Bros. File game emulator yang dapat diakses secara umum kebanyakan merupakan game original yang dibajak. Hal ini mengakibatkan banyaknya masalah copyright oleh dari perusahaan game namun hal ini dikarenakan saat ini, sedikit adanya akses untuk membeli game generasi lama secara legal.

Menghidupkan kembali game generasi lama di sistem generasi baru merupakan hal yang tidak mudah. Industri game dan developer harus bekerja sama untuk mendukung akses game generasi lama agar sistem emulator game legal ini bisa berjalan dengan baik.

Sebenernya tidak hanya dengan sistem emulator, melakukan remaster maupun relaunch dari game lama seperti yang dilakukan oleh Rockstar dengan Grand Theft Auto: The Trilogy adalah salah satu cara lainnya. Namun dengan emulator, kita dapat menghidupkan kembali rasa nostalgia maupun mempelajari sejarah asal usul game saat ini dari memainkan game generasi sebelumnya.