Love Pablo adalah film yang mengadaptasi kehidupan nyata dari bandar narkoba terbesar di dunia tahun 80an yaitu Pablo Emilio Escobar Gaviria a.k.a Pablo Escobar. Pablo sendiri adalah bandar narkoba dengan julukan “Drug Lord” yang pada era 1980an sudah memiliki kekayaan dengan jumlah yang fenomenal yaitu sebesar 30 Miliar pada awal tahun 1990. Bukan hal yang aneh, mengingat 80% kokain yang diselundupkan ke Amerika Serikat dipercaya dijual oleh dirinya. Pablo sendiri berasal dari Kolombia, dimana dirinya terbilang sebagai orang yang kebal hukum disana. Dengan aksi suap menyuap, hingga pengiriman narkoba dari udara ke Amerika Serikat, membuat dirinya sangat ambisius untuk melancarkan bisnisnya. Tidak tanggung-tanggung ia sempat membunuh polisi hingga perdana mentri Kolumbia. Film ini secara garis besar menceritakan perjalanan Pablo Escobar dari sudut pandang dari Virginia Vallejo a.k.a Penélope Cruz.

Love Pablo

Sebenarnya kisah dari Pablo Escobar sendiri sudah sangatlah banyak diangkat untuk dijadikan film. Dari film series Narcos, Escobar: Paradise Lost hingga film terbaru nya ini Love Pablo. Jika kalian telah melihat film series Netflix Narcos, kalian akan cukup kecewa untuk melihat dari film layar lebar Love Pablo. Dimana film Love Pablo adalah versi singkat dari film series Narcos yang pastinya dikemas dengan lebih cepat, tetapi bagi kalian sebelumnya tidak pernah melihat film Narcos, saya mengusulkan kalian untuk menonton film ini dulu.

Dari film Love Pablo saya mengamati setiap karakter dan detail dari setiap scene. Menurut saya film ini sangat kurang dalam merepresentasikan sesosok Pablo, dimana Pablo sendiri adalah orang yang bengis dan kejam tetapi sangatlah mencintai keluarganya. Ada juga scene yang seharusnya penting tetapi tidak dimunculkan yaitu dimana saudara sepupu atau tangan kanan Pablo,Gustavo Gaviria yang dipercayai untuk menjalankan bisnis narkoba milik Pablo. Gustavo sendiri adalah kunci utama dari kesuksesan Pablo hingga kematiannya yang membuat runtuhnya Kerajaan Narkoba tersebut. Sudut pandang yang diberikan dari film Love Pablo adalah dari seorang jurnalis, direktur televisi hingga pembawa berita dari Kolombia yaitu Virginia Vallejo yang diperankan oleh Penélope Cruz. Jadi menurut saya jangan dilihat sosok Pablo dari 1 film saja ya, tapi harus nonton film keseluruhan dari Pablo. Apakah dari kalian ada yang sudah menonton Love Pablo?