Sony Interactive Entertainment Hong Kong Limited Singapore Branch (SIES) sudah resmi mengumumkan tampilan produk untuk PlayStation® original yang juga akan mendapatkan 20 game original didalamnya. PlayStation® Classic ini akan hadir di Indonesia pada Desember 2018, dengan SRP Rp 1,799,000. Tentunya harga yang sangat-sangat reasonable ditambah dengan bundling 20 game didalam Playstation Classic ini.

Playstation Classic
Semua isi dari Playstation Classic

Console pertama milik Playstation ini merupakan console yang legendaris, yang lahir di tahun 1994 di Jepang, dan sampai saat ini nama Playstation masih bisa bertahan, dengan waktu dekat akan release PS5. Tapi game-game yang ada di PSX atau yang nanti akan bisa dimainkan di Playstation Classic ini banyak yang sangat-sangat memorable, terutama bagi generasi 90’an.

Design sama, tapi ukuran jauh lebih kecil 😀

Untungnya, Playstation Classic ini masih memiliki design produk yang sama dengan yang originalnya, termasuk layout dan bentuk untuk controllernya, tapi untuk Playstation nya sendiri, walau memiliki design yang sama, bentuknya jauh lebih kecil. Tepatnya, ukurannya 45% lebih kecil di bagian samping, dan 80% lebih kecil secara volume dibandingkan dengan versi PSX. Beberapa game yang disediakan didalam PlayStation® Classic ini diantaranya Final Fantasy VII, Jumping Flash, R4 Ridge Racer Type 4, Tekken 3, dan Wild Arms. Console mini dan rebirth ini menurut gua sangat cocok bagi fans Playstation yang ingin merasakan nostalgia, atau mungkin bagi mereka yang ingin mengetahui atau mengalami gaming console di jaman 90an.

Output HDMI Port

 

Playstation Classic ini menggunakan port HDMI untuk dihubungkan ke TV atau monitor, dan ada port untuk USB cable sebagai sumber listriknya. Jadi Playstation Classic ini tentunya akan support resolusi 480 dan 720, jadi kalian gak perlu takut kalo tampilannya akan ke stretch, karena pastinya Sony udah memikirkan hal ini.

Untuk detail lebih jelas, kalian bisa baca spesifikasi produk detailnya dibawah ini.

Product Outline:

Product PlayStation®Classic
Platform SCPH-1000R Series
Launch Date December 2018
SRP IDR 1,799,000
Included PlayStation®Classic x 1 

Controller x 2 

HDMI™ Cable x 1

USB Cable*x 1

Printed Materials

Video output 720p, 480p
Audio output Linear PCM
Input/output HDMI™ output port

USB port (Micro-B)*4

Controller port x 2

Power DC 5V / 1.0A
Maximum rated power 5W
External dimensions Approx. 149 x 33 x 105mm (5.8 x 1.3 x 4.1 in) (width x height x depth) (excluding controllers)
Mass Console      Approx. 170g (6.0 oz)

Controller     Approx. 140g (4.9 oz)

Operating temperature 5℃ to 35℃