My Universe Kolaborasi Unik Dengan Pesan Manis Penuh Utopia

0
303

Coldplay sempat mengguncang para netizen dengan banyaknya gerakan PR (Public Relation) yang mereka lakukan belakangan ini, terlebih yang akhir-akhir ini mereka umumkan yaitu kolaborasi mereka dengan BTS di lagu “My Universe”.

Tentu banya pro dan kotra yang muncul, mulai dari Coldplay yang pansos dengan BTS dan masih banyak lagi. Tapi gw pribadi ga akan membahas pro atau kontranya melainkan gw akan berfokus pada hasil dari kolaborasi kedua dunia yang sama sekali berbeda ini.

Hasil dari kolaborasi itu menghasilkan lagu berjudul “My Universe” dan dimainkan di #GlobalCitizenLive, lagu ini memiliki pondasi yang sangat khas dengan lagu-lagu Coldplay sebelumnya, terlebih lagi vokal Chris Martin yang sangat khas, membuat lagu ini adalah lagu Coldplay dan sama sekali tidak terasa adanya keberadaan BTS.

Sampai akhirnya Jungkook masuk mengambil bagian, baru lah terasa penulisan lirik khas BTS yang sangat manis ketika sudah membicarakan hal yang sentimentil. Mayoritas lirik yang dibawakan oleh BTS sangatlah puitis dan teramat manis, sangat berbeda dengan bagian yang dibawakan Chris, dimana liriknya lebih straight forward walaupun memang berulang.

My Universe
BTS X Coldplay

Namun jika kita menyelam sedikit lagi, lagu ini terasa seperti dialog bilingual namun terasa kedua grup ini saling menangkap artinya dan saling mencoba bertoleransi dengan kekhasan masing-masing. Hal ini juga diungkapkan oleh Chris di The Kelly Clarkson Show.

Dikutip dari Chris “And we thought it would be good to sing this with BTS because maybe we’re not supposed to be together.”. “Dan kami pikir sangat baik kita dapat menyanyikan lagu ini bersama BTS karena mungkin kita tidak sepatutnya bersama.”.

Saya pribadi merasakan lirik dalam lagu ini dan kolaborasi dari kedua grup ini sangat menggambarkan satu sama lain, karena siapa juga yang menyangka akan adanya kolaborasi dari kedua grup ini. Karena memang dirasa sangat out of reach sekali.

Namun lagu ini menunjukkan kolaborasi dalam lagu ini sangat lah berimbang karena tidak saling mengikat satu sama lain dalam hal style lagu, karena di lagu ini terlihat kedua grup ini dapat bercampur dengan baik, tidak ada yang lebih stand-out atau pun sebaliknya.

Untuk saya pribadi part of the lyrics favorit saya adalah ketika Jungkook mengatakan “We are made of each other, baby.”, bagian lirik ini seperti reminder untuk kita dan juga tujuan dari lagu ini. Lagu ini sendiri difokuskan untuk tetap peduli satu sama lain tidak peduli dengan SARA karena kita manusia.

Lagu ini pun saya nilai bukan lagi hanya kiasan utopia, melainkan sebuah aksi karena dibuktikan dengan kolaborasi dengan grup ini. So menurut kalian gimana? Any thought?