playstation 5

Selasa (1/8) – PlayStation 5 akan hadirkan berbagai fitur versi beta terbaru, mulai dari aksesibilitas dan opsi audio, fitur sosial, dan peningkatan UI! Penasaran apa saja pembaruan dari konsol ini? Simak selengkapnya di bawah!

Perlu diingat bahwa hanya pengguna PlayStation 5 dari Amerika Serikat, Kanada, Jepang, Britania Raya, Jerman, dan Prancis saja yang mendapatkan versi beta ini. Namun kalian tidak perlu khawatir, karena pembaruan ini akan dirilis secara global pada akhir tahun 2023.

PlayStation 5 Hadirkan Fitur Aksesibilitas Terbaru!

Gunakan Kontroler Kedua sebagai Alat Bantu
Melalui pembaruan ini nantinya kalian dapat menggunakan kontroler kedua dalam satu akun, untuk mengoperasikan konsol selayaknya menggunakan satu kontroler. Kontroler ini berfungsi sebagai alat bantu yang bisa digunakan secara kolaboratif bersama teman atau anak kecil, untuk melewati bagian sulit dari sebuah gim.

playstation 5

  • Untuk menggunakan fitur ini, kalian bisa kunjungi [Settings] > [Accessibility] > [Controllers] > [Use Second Controller for Assistance], lalu nyalakan [Use Assist Controller].
  • Kalian hanya bisa menggunakan fitur ini saat kontroler utama kalian adalah DualSense atau DualSense Edge , atau kontroler third-party yang didukung oleh PS5.*

Sistem UI Haptic Feedback
Sekarang kalian bisa menghidupkan efek haptic feedback saat menelusuri menu PS5 dengan kontroler DualSense, DualSense Edge, atau PS VR2 Sense.

  • Ketika diaktifkan, akan muncul sebuah efek suara sekaligus getaran fisik melalui fitur haptic. Misalnya saat menggerakan dan mencapai ujung menu, mengambil pilihan, atau saat mendapatkan notifikasi atau menyalakan konsol. Fitur opsional ini memberikan pengalaman yang lebih baik bagi para pemain yang memiliki masalah pandangan maupun pendengaran.
  • Untuk menyalakan fitur ini, silakan kunjungi [Settings] > [Accessibility] > [Controllers], lalu nyalakan [Haptic Feedback During Console Navigation].

Telah Mendukung Peralatan Audio Dolby Atmos!

Bagi kalian yang memiliki soundbars, TV, atau Home Theater yang mendukung Dolby Atmos, nantinya kalian bisa mendapatkan pengalaman audio yang lebih baik untuk konsol PlayStation 5. Karena sekarang sudah didukung 3D Audio yang ditenagai oleh Tempest 3D AudioTech.**

playstation 5

  • Untuk menyalakan Dolby Atmos, silakan kunjungi [Settings] > [Sound] > [Audio Output] > [Audio Format (Priority)], lalu pilih [Dolby Atmos].

Peningkatan dan Pembaruan Fitur Sosial untuk PlayStation 5!

Pembaruan UI Party
Sekarang kalian bisa mengundang seorang pemain ke sebuah party tertutup tanpa harus menambahkannya ke sebuah grup atau membuat grup baru. Sebagai tambahan. para pemain juga bisa memberikan undangan kepada grup tersebut ketimbang pemain individu.

playstation 5

Share Screen Preview
Saat seorang pemain membagikan layar mereka dalam sebuah party yang bisa kalian masuki, sekarang kalian bisa melihat sebuah gambar pratinjau dari layar yang dibagikan. Bahkan sebelum kalian masuk ke party tersebut.

playstation 5

Bergabung dengan Sesi Teman dengan Lebih Mudah
Sekarang kalian bisa melihat aktivitas teman-teman yang bisa dimasuki oleh kalian dengan lebih mudah melalui tab Friends.

  • Ikon party yang bisa kalian masuki akan ditampilkan di sebelah akun teman yang sedang bermain gim
  • Kalian bisa bergabung dengan gim teman kalian dengan memencet tombol dan memilih [Join Game], atau pilih tombol ”Join” pada profil mereka.

playstation 5

Telah Didukung M.2 SSD Berkapasitas Besar!

Sekarang kalian bisa menggunakan M.2 SSD dengan kapasitas maksimal sebesar 8TB (sebelumnya hanya mentok di 4TB saja) untuk meningkatkan ruang pada konsol PlayStation 5 kalian.

Perlu diingat bahwa SSD tersebut harus memenuhi beberapa poin yang disebutkan pada website ini agar dapat berfungsi secara maksimal.

Gimana pendapat kalian tentang pembaruan dari PlayStation 5 ini, guys?

 

Fitur selengkapnya pada konsol ini silakan kunjungi website resmi PlayStation di:
PlayStation Blog


*DualSense Edge tidak bisa digunakan sebagai kontroler pembantu. Beberapa fitur DualSense, seperti motion sensor, haptic feedback, dan adaptive triggers akan langsung mati saat digunakan sebagai kontroler pembantu.
**Penyedia Media bisa memperbarui aplikasinya pada PS5 untuk mendukung audio Dolby Atmos, untuk memberikan para pengguna cara lain merasakan audio film yang lebih immersive untuk film, series TV, dan masih banyak lagi (aplikasi ini belum didukung oleh PS5 beta.)